Jumat, Juni 29, 2007

Mencari dan menghapus paket yang tidak diperlukan di debian

Jika kita melakukan instalasi paket di debian menggunakan apt-get, maka paket lain yang dibutuhkan akan otomatis ikut diinstall. Paket2 ini biasa berupa paket library, maupun paket aplikasi lain. Sayangnya paket dependency tadi tidak otomatis ikut di-uninstall ketika kita meng-uninstall paket yang sudah tidak dibutuhkan.

Untuk mengetahui paket mana saja yang sudah tidak dibutuhkan, terdapat sebuah paket aplikasi powerful di debian yang bernama deborphan. Jalankan program ini melalui prompt, tidak perlu sebagai root, sebagai user biasa juga bisa. Program ini akan menghasilkan list paket yang orphan, artinya tidak ada paket lain yang membutuhkannya. Secara default paket yang ditampilkan adalah paket pada section library dan oldlibs. deborphan juga dapat menampilkan list semua paket orphan yang ada, tapi harap berhati2 menggunakannya, karena paket aplikasi yang kita butuhkan mungkin akan ikut ditampilkan, karena memang jarang paket aplikasi yang saling dependency.

Dengan deborphan, space harddisk bisa dihemat, dengan meng-uninstall paket2 library yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Selamat hunting ;)

0 komentar: