Kamis, Desember 27, 2007

Aplikasi Portable untuk OS Windows

Trend aplikasi portable dimulai ketika Sandisk meluncurkan produk flashdisk U3. Pada flash disk ini kita dapat menginstall aplikasi yang dapat berjalan langsung dari flash disk tersebut. Aplikasi ini tidak terpengaruh oleh perubahan huruf drive flashdisk ketika dipasang pada PC yang berbeda. Hal ini berbeda dengan aplikasi konvensional yang tidak dapat berjalan jika lokasi aplikasi dipindahkan ke folder lain atau ketika huruf drive berubah.

Trend ini berlanjut dengan munculnya PortableApps.com. Aplikasi yang ditawarkan di sini beragam, dari browser firefox hingga aplikasi OpenOffice, semua adalah aplikasi Open Source. Baik U3 dan PortableApps menyediakan aplikasi launcher yang ketika dijalankan akan menampilkan menu seperti start menu pada Windows. Pada menu ini terdapat aplikasi-aplikasi portable yang ada pada flash disk tersebut.

Selain kedua penyedia aplikasi portable diatas, vendor software lain ikut meluncurkan aplikasi portable mereka sendiri. Ada 3 aplikasi portable yang saya ketahui sampai tulisan ini dibuat yaitu:
  • Internet Download Manager
  • Norton Partition Magic
  • EverNote

Ada banyak juga aplikasi lain yang tidak perlu diinstall dan dapat berjalan walaupun lokasinya dipindahkan. Hanya saja aplikasi ini tidak mencantumkan kata portable pada edisi mereka. Cukup banyak aplikasi seperti ini, saya akan usahakan mencantumkan di tulisan berikutnya. Di wikipedia terdapat listnya disini.

Semoga dimasa mendatang akan makin banyak aplikasi yang bersifat portable, sehingga tidak memerlukan instalasi ulang ketika lokasi aplikasi dipindahkan ke tempat lain. Saya juga berharap ada aplikasi portable serupa untuk OS lain, seperti Linux dan MAC OS.

Powered by ScribeFire.

1 komentar:

Indiana Joy mengatakan...

Salam kenal bro,
Aplikasi portable pada thumbdrive memang menyenangkan. Menjadikan aplikasi2 favorit kita menjadi portable gampang2 susah, tetapi menyenangkan. Kalo boleh share, aplikasi2 favoritku yg sudah kubuat kompatibel dg PortableApps maupun U3 ada disini: http://lightapps.blogspot.com (masih akan tambah).

thanks