Rabu, Desember 19, 2007

Centrin - XL

Setelah sekian lama mendambakan memiliki koneksi internet unlimited, akhirnya sekarang gw dapat juga merasakan mengakses internet tanpa batas di rumah. Setelah minggu lalu membeli modem HSDPA merk Sierra airCard 875, kemaren akhirnya gw langganan internet di Centrin.

Centrin menyediakan paket unlimited wireless bekerjasama dengan XL. Koneksi internet disediakan oleh Centrin, sedangkan jaringan antara pelanggan dan Centrin menggunakan GPRS/3G XL. Dengan kerjasama seperti ini, Centrin tidak perlu menyiapkan infrastruktur jaringan untuk menghubungkan pelanggan dengan jaringannya. Pelanggan pun tidak perlu membayar terlalu mahal untuk perangkat.

Dari hasil percobaan yang gw lakukan, kecepatan koneksi yang diberikan cukup memuaskan. Dengan harga Rp 345.000,- sebulan, gw bisa mengakses internet dengan kecepatan akses maksimal 64 kbps. Kecepatan ini sekitar 1/6 dari kecepatan maksimal yang ditawarkan speedy, yaitu 384 kbps. Walaupun speedy unlimited harganya sudah cukup terjangkau, yaitu Rp 750.000,- per bulan dan kecepatan 6x dari kecepatan GPRS-nya Centrin-XL, Speedy butuh jaringan telepon. Sayang rasanya mengeluarkan uang untuk memasang saluran telepon di rumah kontrakan yang 6 bulan lagi bakal ditinggalkan. Lagipula, gw tidak butuh keepatan internet yang terlalu tinggi. 64 kbps sudah menukupi untuk mendownload email lewat POP3 dan browsing, serta blogging. Dan gw juga ga mau mengeluarkan duit Rp 750.000,- hanya untuk akses internet.

Di kontrakan gw, setidaknya di ruang tengah, sinyal XL yang bisa ditangkap oleh modem hanya sekitar 2 bar. Kadang sinyal hilang sehingga koneksi internet terputus beberapa saat. Gw mau coba pindah ke kamar, siapa tahu akan daat sinyal lebih banyak. Kalau dari lantai 4 telkom japati, bisa dapet sinyal 4 bar, dan koneksi lancar, jarang terputus.

Dengan koneksi ini, semoga gw bisa lebih sering mengupdate blog-blog gw :D

Powered by ScribeFire.

0 komentar: