Jumat, Februari 29, 2008

Speedy mati karena kabel Telkom di Palembang putus

Hari ini pelanggan Telkom Speedy tidak bisa terkoneksi ke internet, karena terputusnya kabel jaringan Telkom. Lokasi kabel yang terputus berada di Palembang, yang menurut kabar yang saya dengar, hal ini terjadi akibat pembangunan fly-over di Palembang. Entah benar apa tidak, kita tunggu saja pernyataan resmi dari pihak Telkom.

Terputusnya kabel ini mengakibatkan seluruh koneksi Telkom ke luar negeri terputus. Koneksi hanya dapat dilakukan ke situs web lokal, melalui IIX. Seluruh pengguna internet yang menggunakan Telkom ikut terkena imbasnya, baik pengguna Speedy, TelkomnetInstant, maupun jaringan internet di kantor Telkom itu sendiri.

Saya beruntung karena ISP yang saya gunakan, yaitu Centrin, tidak mengalami gangguan. Koneksi internet tetap lancar ke dalam dan luar negeri. Coba kalau ISP ini adalah reseller jaringan Telkom, pasti akan ikut terkena dampak putusnya kabel Telkom ini.

Semoga saja kondisi ini dapat segera diatasi dan koneksi internet ke luar negeri dapat terhubung kembali. Semoga Telkom dan penyelenggaran layanan koneksi internet lainnya dapat belajar dari kejadian ini. Internet awalnya dibangun untuk dapat bertahan dari bencana terhadap infrastruktur. Tetapi belakangan ini, koneksi internet menjadi sangat tergantung pada satu jalur keluar. Apabila jalur tersebut mengalami gangguan, terjadilah kiamat kecil internet. Sungguh sayang tujuan awal internet tidak dapat tercapai.


0 komentar: