Kamis, April 10, 2008

Liferea, a powerfull rss reader

Sudah dua hari ini thunderbird yang saya gunakan untuk membaca RSS Feed mengalami gangguan. RSS yang biasanya ditampilkan dalam bentuk summary, tiba-tiba saja menjadi ditampilkan isi websitenya. Hal ini tentu saja membuat waktu loading content menjadi cukup lambat. Padahal tujuan saya berlangganan RSS Feed adalah supaya saya tidak perlu mengunjungi website untuk melihat berita / konten terbaru. Bug ini sangat mengesalkan, karena thunderbird juga menjadi berulah, sehingga saya tidak dapat mengedit setting subscribe RSS Feed yang ada.

Akhirnya saya mencoba mencari aplikasi alternatif untuk membaca RSS Feed. Saya mengunjungi halaman wikipedia ini yang memuat list aplikasi RSS reader.

Pertama saya mau mencoba aplikasi Akregator, tetapi setelah melihat keterangan dan tampilan aplikasi Liferea, saya jadi terterik untuk mencoba aplikasi ini. Desktop yang saya gunakan adalah GNOME, sehingga saya mengusahakan menggunakan aplikasi berbasis GTK, kecuali jika aplikasi yang saya butuhkan belum ada padanannya yang setara, seperti aplikasi Basket Note Pads.

Saya mengekspor list RSS Feed dari thunderbird ke sebuah file.opml. Setelah Liferea terinstall, saya lalu mengimport file .opml tadi ke dalam Liferea. Liferea segera membuatkan folder yang serupa dengan struktur dari thunderbird. Saya suka hal ini, karena saya sudah mengatur tiap RSS feed pada folder-folder tersendiri sesuai dengan kategorinya. Fitur ini tidak saya temui pada aplikasi straw yang sebelumnya saya coba.

Liferea berjalan lebih ringan daripada thunderbird. Liferea pun mampu meload gambar yang terdapat pada feed dengan cukup cepat. Akhirnya saya mematikan cek otomatis untuk rss di thunderbird. Feed-feed yang pernah didownload saya biarkan tetap ada. Thunderbird sekarang murni hanya untuk keperluan email saja. Memori laptop yang pas-pasan membuat saya tidak bisa menghidupkan thunderbird bareng dengan eclipse. Jadi selama jam kerja, thunderbird saya matikan saja, dan dihidupkan hanya sewaktu pagi hari ketika baru datang, dan nanti sore ketika akan pulang. RSS Feed tetap dapat saya nikmati menggunakan Liferea yang ringan dan powerfull.

0 komentar: