Sabtu, Juni 21, 2008

Blogging menggunakan Flock

Posting ini saya tulis menggunakan fitur blogging yang terdapat pada browser flock. Browser ini dibangun menggunakan komponen Mozilla Firefox, sehingga memiliki tampilan yang serupa dengan Firefox. Add-ons untuk firefox pun dapat langsung diinstall, walau tidak semuanya kompatibel.

Saya menjalankan flock versi 2.0b1 berdampingan dengan Firefox 3.0 yang baru saja dirilis. Saya menginstall beberapa add-ons, dan membuka tab dengan jumlah yang sama dan ke alamat yang sama pada kedua browser. Flock menggunakan memory lebih sedikit ketimbang Firefox 3.

Pada Flock telah terdapat berbagai fasilitas untuk memudahkan kita bersosialisasi di era Web 2.0. Ada fitur Accounts and Services yang menampilkan list situs web 2.0 yang didukung oleh Flock. Fitur ini tampil sebagai sidebar dan akan menampilkan status kita, apakah sedang login atau logoff.

Ada juga People sidebar, yang akan menampilkan list teman dari situs pertemanan dan situs web 2.0 lainnya yaitu Facebook, Flickr, Pownce, dan Youtube. Photo Uploader juga memudahkan proses upload foto ke situs yang dapat menyimpan foto seperti Flickr, Photobucket, Picasa, dan Facebook. Upload dapat dilakukan secara batch. Cukup men-drag foto dari komputer ke area yang terdapat pada jendela Photo Uploader.

Dan satu yang tidak ketinggalan adalah fitur Post Blog yang saya gunakan untuk menulis posting ini. Fitur ini sudah langsung tersedia tanpa perlu menginstall add-ons. Fiturnya hampir sama bagusnya dengan add-ons Scribefire untuk Firefox. Blog yang didukung juga banyak, yaitu Blogger, Blogsome, LiveJournal, Typepad, Wordpress.com, Xanga, and Self-Hosted Blog.

Jika Anda ingin alternatif browser selain Firefox, pertimbangkanlah Flock. Semua yang dapat dilakukan oleh Firefox dapat dilakukan oleh browser ini. Browser yang ringan dan banyak fitur ini akan menjadi teman setia Anda dalam menjelajahi dunia pertemanan dan sosial web 2.0

Blogged with the Flock Browser

0 komentar: