Minggu, Februari 11, 2007

Ethernet tak dikenali pada Debian Sarge yang jalan di VMware

Gw baru saja mengalami masalah yang cukup membuat pusing kepala. Debian Sarge diinstall di atas VMware tidak mengenali virtual ethernet card yang sudah diset. Selama ini Debian itu jalan baik-baik saja. Gw mulai kluar keringat dingin nih, soalnya hari senin besok bakal dipake seperti biasa. Udah ada 2 proyek kantor yang filenya ada disana. Dalam putus asa, sempat kepikir buat install ulang aja.

Hasil googling yang gw dapatkan ga ada satupun yang berhasil. Permasalahan yang dihadapi juga beda ama masalah gw. Hasil googling memiliki permasalahan mesin virtual yang dicopy, dipindahkan, atau di-clone. Sedangkan pada masalah gw, gw ga ngapa-ngapain tu mesin. Mesin ini hanya dimatikan selama seharian lebih, karena perlu gw salin ke harddisk lain. Setelah dihidupkan lagi, tau2 aja ga bisa diremote pake ssh. Gw cek langsung di VMwarenya, ternyata eth0 memang ga dikenali oleh sistem.

Setelah setengah hari lebih me-reboot mesin, mencoba ilangin semua ethrernet, start, matikan, add new ethernet, start lagi, dan masih ga bisa2 juga, ada satu tulisan kecil diantara pembahasan permasalahan ini dari hasil google. Coba lakukan modprobe pcnet32.

Ketika gw ketik :
# modprobe pcnet32
Voila! eth0 dikenali oleh sistem.
# ifup eth0
Weitz, eth0 up and running......

Fiuh.......... untung ga perlu install ulang. Biar ga perlu ngelakuin ini tiap kali mesin reboot, tinggal tambahin aja entri nya ke file /etc/rc.local:
modprobe pcnet32
ifup eth0

Ingat, tambahkan entri ini sebelum baris yang berisi:
exit 0

Gw test reboot, dan eth0 hidup dengan normal. Sekarang yang masih gw bingung adalah kenapa tiba2 hal seperti ini terjadi. Selama seminggu lebih mesin Debian ini baik2 saja. Baru dimatikan 1 hari lebih, trus diidupin lagi, masalah ini muncul. Kenapa module pcnet32 harus diload manual?? Yang tau atau pernah mengalami masalah kayak gini, tolong kasi tau yah ;)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

itu kalau 1 lancard ny..
kalau 2 lancard gmn modprobe nya..
krn modprobe ny cm untuk eth0, eth1 ny tetep ga kedetek.

plz reply to anton@capsule.web.id

hantulab mengatakan...

hmm, 2 ethernet virtual yah? Harusnya kelihatan sih pas di modprobe, kan modprobe itu untuk meload module kernel yang dibutuhkan.