Minggu, Februari 24, 2008

Print ke file PDF dan print dari aplikasi Java di Ubuntu

Hari ini akhirnya saya menemukan cara untuk melakukan print ke file PDF di Ubuntu. Di blog ubuntu ini terdapat langkah2 mudah menambahkan printer PDF ke list printer ubuntu. Karena ubuntu yang saya gunakan adalah versi terbaru saat ini, yaitu Gutsy Gibbons, beberapa hal di blog tersebut sudah tidak relevan.

Berikut langkah2 yang saya lakukan:
  1. Install paket aplikasi cups-pdf dengan perintah
    sudo apt-get install cups-pdf
  2. Masuk ke menu System > Administration > Printing
  3. Klik New Printer
  4. Pilih Print into PDF file, klik Forward
  5. Pilih Printer Generic, klik Forward
  6. Pilih saja model PDF file generator, dengan driver Generic PDF file generator.
  7. Klik Forward, tinggal isi nama printer yang diinginkan di kolom Description. Kolom lainnya biarkan saja, tidak perlu diubah, lalu klik Apply.
Sekarang printer PDF akan muncul di bagian Local Printer. Dari aplikasi ubuntu apapun, kita sekarang bisa melakukan print melalui printer ini. Hasilnya akan menjadi sebuah file PDF yang akan tersimpan pada folder PDF di home directory.

Satu lagi kendala yang saya temui adalah aplikasi Java tetap tidak bisa melakukan pencetakan. Aplikasi yang saya gunakan adalah DBVisualizer. Aplikasi ini menampilkan pesan exception ketika saya hendak melakukan pencetakan.

Setelah mencari-cari tentang hal ini lewat google, akhirnya saya sampai di halaman bug report ini. Dari sekian banyak komentar di halaman bug report ini mengenai usulan perbaikan, sebuah usulan dari Trinh Phuoc Thai berhasil membuat aplikasi Java bisa mencetak melalui printer pada ubuntu. Solusi ini yang saya rasa paling tepat, karena saya merasa solusi dengan cara menurunkan versi cups bukanlah solusi yang tepat dan tidak menjamin cara itu tetap berfungsi.

Caranya yaitu :
  1. Masuk ke control panel printer melalui menu System > Administration > Printing
  2. Pilih printer yang akan digunakan
  3. Pilih tab Job Options
  4. Ubah Orientation menjadi pilihan lain selain 'Automatic Rotation'
  5. Tutup control panel lalu jalankan kembali aplikasi java yang hendak melakukan pencetakan.
Sekarang saya telah bisa melakukan pencetakan diagram referensi database dari DBVisualizer menjadi file PDF. Versi DBVisualizer yang saya gunakan adalah DBVisualizer Free 6.0.7. Saya pernah membahas aplikasi ini sekilas di tulisan terdahulu, dan mungkin akan saya bahas lebih detail di tulisan lainnya.

Sekarang saya benar-benar bisa terlepas dari OS Windows. Semua hal yang saya butuhkan sekarang telah tersedia di Ubuntu. Saya hanya boot ke Windows untuk pekerjaan di kantor yang memerlukan browser IE. Saya masih belum bisa menginstall IE di wine. Jika IE bisa berjalan lewat wine, maka tidak ada alasan lagi bagi saya untuk mem-boot Windows XP, kecuali untuk main game, he he he he he...

1 komentar:

auliahazza mengatakan...

mau tanya, kalau mencetak melalui vmware bagaimana caranya, saya menggunakan edubuntu versi 7.10. Printer saya Canon IP1700. Sudah terinstall driver Ip2200 tapi ga bisa mencetak. Pemberitahuan pencetakan terlihat di localhostnya tapi tidak jalan printernya. Kemudian dikasih tahu bahwa sudah sukses mencetaknya.
Tq atas jawabannya