Jumat, Mei 02, 2008

Catatan upgrade Gutsy Gibbon menjadi Hardy Heron

Sudah seminggu sejak Hardy Heron dirilis, dan sudah seminggu ini pula saya mengupgrade Gutsy Gibbon di laptop saya menjadi Hardy. Dengan koneksi internet Centrin yang saya gunakan, upgrade sebesar 1GB lebih memang tidak dapat dilakukan dengan cepat. Untunglah koneksi internet di kantor yang menggunakan Speedy cukup membantu mempercepat proses upgrade yang saya lakukan. Tadi siang, upgrade selesai dan laptop saya resmi menggunakan ubuntu 8.04 Hardy Heron.

Versi terbaru Ubuntu ini merupakan versi LTS, yang akan disupport selama 2 tahun. Banyak aplikasi yang di-upgrade. Beberapa paket harus diremove karena telah digantikan oleh paket baru dengan nama yang sedikit berbeda. Saya melakukan upgrade secara bertahap, sebagian menggunakan synaptic, sebagian menggunakan perintah apt-get install.

Tidak ada kendala berarti yang saya hadapi selama proses upgrade ini. Hanya sedikit masalah di akhir proses upgrade sempat membuat saya kalang kabut. Pagi tadi saya iseng mencoba fitur dual screen yang sudah menjadi default di Hardy. Malam sebelumnya upgrade xserver sudah selesai. Di bagian setting System > Preferences > Screen Resolution sekarang memang langsung diset pada bagian Clone Screens. Saya menyambungkan monitor yang nganggur di kantor. Walaupun Clone Screens dimatikan, tetap saja yang tampil di layar kedua sama dengan tampilan di layar utama. Cari-cari informasi di internet, trus nyoba-nyoba setting pake xandr, eh malah layar laptop jadi mati. Akhirnya saya coba cara kasar, Ctrl+Alt+BackSpace untuk merestart Xserver.

Ketika masuk lagi ke xsession, saya sedikit heran karena avant-window-navigator ga jalan. Ketika dicoba dijalankan dari gnome-terminal, avant memberikan pesan bahwa screen composite, yaitu compiz, ga jalan. Saya coba jalankan compiz, eh malah menghasilkan Segmentation Fault.

Saya pun kemudian mencari di internet cara mengaktifkan compiz. Sebagai catatan, kartu grafis di laptop saya adalah Intel GMA 900. Saya mendapatkan berbagai macam solusi, tapi setelah dicoba tidak ada yang berhasil. Saya bahkan sempat menguninstall driver xserver-xorg-video-intel. Padahal ternyata biang keladi kenapa compiz tidak berjalan karena saya harus perlu menginstall paket xserver-xgl. Entah kenapa paket ini tidak ikut terinstall sewaktu proses upgrade.

Karena tadi saya sempat menguninstall driver video intel, ketika konfigurasi xorg saya balikin lagi ke driver intel, tampilan jadi lambat sekali. Scrolling menjadi patah-patah. Ketika dicek dengan perintah :

$ glxinfo | grep direct

Saya mendapatkan hasil ini:

direct rendering: No

Cari-cari lagi di internet, akhirnya saya mencoba solusi di sini, yaitu dengan mengedit file /etc/X11/xorg.conf, kemudian mengedit bagian ini dan menambahkan bagian yang saya tandai dengan huruf tebal.

Section "Device"
Identifier "Intel Corporation Mobile 915GM/GMS/910GML Express Graphics Controller"
Boardname "intel"
Busid "PCI:0:2:0"
Driver "intel"
Screen 0
Option "AccelMethod" "xaa"
EndSection

Setelah xserver direstart, akhirnya compiz bisa saya jalankan dengan lancar, seperti semula. Avant-window-navigator pun berjalan dengan baik.

Semoga pengalaman saya ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang juga sedang melakukan upgrade dari Gutsy ke Hardy.

1 komentar:

HabsQ mengatakan...

Eh ada Donny...

Maap komentar ga nyambung ama isi posting :P