Minggu, November 16, 2008

Mengatasi firefox berjalan di modus offline di ubuntu terbaru

Pengguna Ubuntu sejak rilis Hardy Heron dan sekarang Intrepid Ibex, yang terkoneksi Internet menggunakan modem, atau tidak menggunakan Internet sama sekali, hampir dipastikan mengalami masalah Firefox berjalan pada modus Work Offline. Permasalahan ini bersumber dari NetworkManager yang tidak mendeteksi adanya koneksi melalui ethernet kabel, maupun wireless, sehingga mengirimkan status offline kepada Firefox. Firefox yang mendapatkan status offline ini akan otomatis mengaktifkan modus Work Offline.

Bagi web developer yang bekerja pada localhost, hal ini tentu sangat mengesalkan. Bagi yang terkoneksi lewat modem juga akan merasakan hal yang sama, karena NetworkManager tidak mendeteksi koneksi lewat modem. Saya mencoba mencari cara mengatasi hal ini. Di beberapa halaman yang saya temui menyarankan untuk menonaktifkan NetworkManager, atau mematikan pengiriman notifikasi dari NetworkManager ke aplikasi. Tentu hal ini kurang tepat untuk dilakukan, karena jika suatu saat kita membutuhkan koneksi melalui jaringan kabel ethernet maupun wireless, kita akan membutuhkan NetworkManager.

Saya akhirnya menemukan jawaban pada thread ini. Pada post nomer 34, saya mengetahui adanya opsi toolkit.networkmanager.disable pada firefox. Untuk mengetahui fungsi dari opsi ini, saya mencari informasinya di mozillazine dan mendapatkan halaman ini. Opsi ini sesuai dengan kebutuhan saya, yaitu membuat firefox tidak menggunakan NetworkManager untuk mengetahui status koneksi. Dengan mengeset opsi ini menjadi true, maka firefox tidak akan masuk ke modus Work Offline lagi. NetworkManager tetap berjalan, dan dapat digunakan untuk memilih koneksi kabel ethernet atau wireless saat dibutuhkan.

Semoga informasi ini membantu para pengguna Ubuntu maupun distro Linux lainnya mengatasi permasalahan Firefox Work Offline. Saya menggunakan juga varian Firefox yaitu Flock dan Mozilla Prism, dan opsi toolkit.networkmanager.disable juga bisa diterapkan.

Cara untuk mengeset toolkit.networkmanager.disable menjadi true:

  1. Pada Firefox, ketikkan about:config di kolom isian lokasi

  2. Klik tompol peringatan yang muncul

  3. Pada kolom isian filter, ketik toolkit.networkmanager.disable

  4. Sekarang tabel akan menampilkan opsi toolkit.networkmanager.disable saja. Nilai default adalah false. Klik dobel baris tersebut untuk mengubah nilai false menjadi true.

  5. Cara alternatif, terutama untuk mengeset opsi ini pada Mozilla Prism adalah dengan mengedit file prefs.js, lalu tambahkan baris ini di akhir file:
    user_pref("toolkit.networkmanager.disable", true);
    Lokasi file prefs.js untuk Mozilla Prism akan berada di dalam folder .prism di home direktory. Tiap aplikasi prism memiliki folder setting sendiri-sendiri, gunakan fitur search di nautilus untuk mencari semua file prefs.js yang ada.

Selamat mencoba.

0 komentar: