Selasa, April 17, 2007

Review SQuirreL SQL Client

Baru saja saya install dan coba2 aplikasi SQuirreL SQL Client, sebuah aplikasi freeware yang dapat didownload dari sourceforge.net

Aplikasi ini dibangun menggunakan Java, sehingga dapat dijalankan di berbagai OS yang telah memiliki JavaVM. Proses instalasi cukup sederhana dan mudah dilakukan.
Tampilan awal aplikasi masih menggunakan theme metal default dari Java. Aplikasi ini langsung mengenali beberapa driver JDBC yang terinstall, tidak seperti DBVisualizer (pembahasan mengenai DBVisualizer menyusul)

Ketika hendak membuat koneksi ke MySQL di localhost, saya cukup kerepotan mencari tombol untuk melakukannya. Di aplikasi ini, task untuk melakukan koneksi disebut dengan istilah Alias. Untuk membuat koneksi ke MySQL, pengguna harus menuliskan string koneksi dalam format JDBC (jdbc:mysql://localhost/). Hal ini dirasa cukup menyulitkan bagi pemula, apalagi yang belum pernah menggunakan JDBC, walaupun aplikasi telah menyediakan template di isian URLnya (jdbc:mysql://<hostname>[,<failoverhost>][<:3306>]/<dbname>[?<param1>=<value1>][&<param2>=<value2>])

Setelah koneksi terjalin, hal yang cukup merepotkan lainnya adalah ketika ingin melihat informasi tabel di sebuah database. Jika di-klik dari panel tree di kiri jendela utama, tidak tampil apapun di bagian kanannya. Ternyata harus dipilih Catalog yang hendak ditampilkan dari dropdown di bagian atas tree. Dropdown ini berisi list schema. Setelah schema dipilih, barulah tampil list tabel pada tree struktur di bagian kanan. Kenapa ga diintegrasikan aja ke dalam tree-nya, biar ga 2 kali kerja kan??

Eksplorasi aplikasi ini baru sampai pada bagian ini. Info tabel yang tampil di bagian kanan cukup lengkap, dibagi dalam tab2. Yang belum ketemu hingga saat ini adalah cara menambah data ke dalam tabel, maupun untuk mengubah struktur tabel. Aplikasi ini memiliki potensi untuk berkembang lebih baik lagi, semoga saja bisa menggantikan peran Navicat (lihat tulisan sebelumnya).

2 komentar:

achmadbiz mengatakan...

all open source campaign :)

Brillie mengatakan...

aku lagi nyari aplikasi sql builder yang bisa mengkonekkan 2 atau lebih database berbeda misalnya sql server dan access. punya ga? atau linknya dech... soalnya aku dapet downloadan bisanya cuma connect 1 database

Brillie,
http://brillianty.co.nr